Nama Nama Bulan

Posted on

Pengenalan

Bulan adalah satuan waktu dalam penanggalan yang terdiri dari 12 bagian. Setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda-beda, serta memiliki nama yang unik. Nama-nama bulan ini biasanya berasal dari bahasa Latin atau bahasa-bahasa kuno lainnya.

Januari

Januari adalah bulan pertama dalam setahun. Nama Januari berasal dari dewi Romawi yang disebut Janus. Janus adalah dewa gerbang, pintu, dan awal. Januari memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

Februari

Februari adalah bulan kedua dalam setahun. Nama Februari berasal dari bahasa Latin “februum” yang berarti penyucian. Pada masa lalu, bulan ini digunakan untuk melakukan upacara penyucian. Februari memiliki jumlah hari yang berbeda-beda, tergantung pada tahun kabisat.

Maret

Maret adalah bulan ketiga dalam setahun. Nama Maret berasal dari dewi Romawi yang disebut Mars. Mars adalah dewa perang dan pertanian. Maret memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

April

April adalah bulan keempat dalam setahun. Nama April berasal dari bahasa Latin “aperire” yang berarti membuka. Bulan ini merupakan awal musim semi di belahan bumi utara. April memiliki jumlah hari sebanyak 30 hari.

Mei

Mei adalah bulan kelima dalam setahun. Nama Mei berasal dari dewi Romawi yang disebut Maia. Maia adalah dewi kesuburan dan kemakmuran. Mei memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

Juni

Juni adalah bulan keenam dalam setahun. Nama Juni berasal dari dewi Romawi yang disebut Juno. Juno adalah dewi perlindungan pernikahan dan keluarga. Juni memiliki jumlah hari sebanyak 30 hari.

Juli

Juli adalah bulan ketujuh dalam setahun. Nama Juli berasal dari Julius Caesar, seorang kaisar Romawi yang memerintah pada abad pertama SM. Juli memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

Agustus

Agustus adalah bulan kedelapan dalam setahun. Nama Agustus berasal dari Julius Caesar yang juga memerintah pada bulan ini. Awalnya bulan ini bernama Sextilis, namun kemudian diubah menjadi Agustus untuk menghormati kaisar tersebut. Agustus memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

September

September adalah bulan kesembilan dalam setahun. Nama September berasal dari bahasa Latin “septem” yang berarti tujuh. Pada masa lalu, bulan ini merupakan bulan ketujuh dalam kalender Romawi. September memiliki jumlah hari sebanyak 30 hari.

Oktober

Oktober adalah bulan kesepuluh dalam setahun. Nama Oktober berasal dari bahasa Latin “octo” yang berarti delapan. Pada masa lalu, bulan ini merupakan bulan kedelapan dalam kalender Romawi. Oktober memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

November

November adalah bulan kesebelas dalam setahun. Nama November berasal dari bahasa Latin “novem” yang berarti sembilan. Pada masa lalu, bulan ini merupakan bulan kesembilan dalam kalender Romawi. November memiliki jumlah hari sebanyak 30 hari.

Desember

Desember adalah bulan terakhir dalam setahun. Nama Desember berasal dari bahasa Latin “decem” yang berarti sepuluh. Pada masa lalu, bulan ini merupakan bulan kesepuluh dalam kalender Romawi. Desember memiliki jumlah hari sebanyak 31 hari.

Kesimpulan

Setiap nama bulan memiliki arti dan makna tersendiri, serta dipengaruhi oleh budaya dan sejarah masing-masing. Mengetahui nama-nama bulan ini dapat membantu kita untuk lebih memahami penanggalan dan merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam hidup kita.