Resep Donat Empuk

Posted on

Donat Empuk yang Menggoda Selera

Donat empuk menjadi salah satu camilan favorit bagi banyak orang. Kudapan yang satu ini memiliki tekstur lembut dan enak, membuat siapa pun yang mencicipinya pasti ketagihan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat donat empuk sendiri di rumah, berikut ini resep donat empuk yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat donat empuk, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:1. 500 gram tepung terigu protein tinggi2. 11 gram ragi instan3. 250 ml susu cair hangat4. 100 gram gula pasir5. 2 butir telur6. 50 gram mentega7. 1 sendok teh garam

Cara Membuat Donat Empuk

1. Campurkan ragi instan dengan susu hangat, aduk hingga ragi larut.2. Masukkan tepung terigu, gula pasir, telur, mentega, dan garam ke dalam mangkuk besar.3. Tuangkan campuran ragi dan susu ke dalam mangkuk adonan tepung, aduk hingga rata.4. Uleni adonan hingga kalis dan elastis.5. Diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.6. Kempiskan adonan dengan cara ditekan-tekan.7. Giling adonan hingga setebal 2 cm.8. Potong adonan menggunakan cetakan donat.9. Diamkan donat selama 30 menit hingga mengembang.10. Goreng donat dalam minyak panas hingga kecoklatan.11. Angkat dan tiriskan donat.

Tips Membuat Donat Empuk

1. Pastikan ragi instan yang digunakan masih aktif.2. Diamkan adonan donat dalam suhu ruangan yang hangat agar mengembang sempurna.3. Goreng donat dalam minyak yang cukup panas agar donat matang merata dan tidak terlalu berminyak.

Penyajian Donat Empuk

Donat empuk siap disajikan sebagai camilan di waktu santai bersama keluarga atau teman-teman. Anda juga bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti cokelat leleh, meses, atau meses keju.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep donat empuk di atas, Anda bisa membuat camilan lezat dan menggugah selera sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!