Resep Nasi Goreng Jawa

Posted on

Asal Usul

Nasi goreng Jawa merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Diperkirakan, hidangan ini berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Nasi goreng Jawa memiliki rasa yang khas dan berbeda dari nasi goreng daerah lainnya. Biasanya, nasi goreng Jawa disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Bahan-bahan

Untuk membuat nasi goreng Jawa, Anda memerlukan bahan-bahan seperti nasi dingin, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, minyak goreng, telur ayam, dan daging ayam atau udang.

Cara Membuat

Pertama-tama, panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan daging ayam atau udang dan telur ayam. Aduk hingga matang.

Selanjutnya, tambahkan nasi dingin dan aduk rata. Tambahkan garam, merica, dan kecap manis sesuai dengan selera. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.

Tip dan Trik

Agar nasi goreng Jawa Anda lebih lezat, gunakan nasi yang sudah dingin atau setidaknya nasi yang telah disimpan di lemari es selama beberapa jam. Hal ini akan membuat tekstur nasi lebih kenyal dan tidak mudah hancur saat diolah.

Variasi

Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kacang polong, atau kol untuk menambah kandungan nutrisi dalam hidangan nasi goreng Jawa Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sambal atau acar sebagai pelengkapnya.

Kesimpulan

Nasi goreng Jawa adalah salah satu hidangan yang sangat lezat dan mudah untuk dibuat. Dengan mengikuti resep di atas, Anda bisa mencoba membuat nasi goreng Jawa sendiri di rumah. Selamat mencoba!